Friday 27 December 2013

Tujuan Filologi

Salam,



Filologi sebagai ilmu memiliki tujuan untuk mengungkap informasi yang terdapat di dalam naskah-naskah peninggalan masa lampau, yaitu berupa teks yang berisi berbagai macam ilmu, pengetahuan, dan berita tentang miniatur kehidupan masyarakat di masa lalu.  
Menurut pendapat Baried bahwa filologi berdasarkan asal mula lahirnya sebagai satu istilah untuk menunjukkan bahwa filologi diperlukan dalam rangka upaya mengungkap informasi tentang masa lampau suatu masyarakat yang tersimpan dalam peninggalan tulisan (Baried, 1994: 6).
            Peninggalan masa lampau yang berupa tulisan tersebut kemudian mengalami penyalinan-penyalinan, sehingga menimbulkan banyaknya versi dan variasi teks. Selain itu aksara dan bahasa yang terdapat dalam naskah biasanya sudah langka untuk digunakan masyarakat sekarang, juga kondisi fisik naskah pun mengalami kerusakan yang disebabkan usia naskah sudah tua.
            Filologi yang memandang variasi sebagai bentuk kreasi kerjanya, dan  bertujuan menemukan makna kreasi yang muncul dalam bentuk variasi, disebut filologi modern, sedangkan filologi yang memandang variasi sebagai bentuk korup, dan kerjanya bertujuan menemukan teks yang paling dekat dengan bentuk mula teks disebut filologi tradisional (Baried (1994 : 7).
Demikian uraian singkat mengenai tujuan filologi, semoga bermanfaat. Wassalam.

Daftar Bacaan :

  • Baried,Baroroh. 1994. Pengantar Teori Filologi. BPFF UGM. Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment